Sekda Pimpin Rakor Penanganan Ruas Jalan Pelang Kepuluk Batu Tajam

Caption Foto ; Sekda Ketapang, Alexander Wilyo, S.STP, M.Si Saat Memimpin Rakor Penanganan Percepatan Ruas Jalan di Ketapang.

KETAPANG, MENITNEWS.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo, S. STP., M. Si. memimpin rapat koordinasi percepatan penanganan Jalan Pelang – Kepuluk – Batu Tajam, di Ruang Rapat Kantor Bupati Ketapang, Selasa (27/2/2024). Dalam kesempatan tersebut Pemkab Ketapang sedikitnya akan menggelontorkan anggaran sebesar Rp 57 miliar untuk pembangunan ruas jalan tersebut pada APBD 2024 ini.

Sekda menjelaskan, untuk ruas jalan Pelang – Kepuluk dengan panjang 3,3 kilometer, pihaknya mengalokasikan anggaran sebesar Rp 19,5 miliar.
“Dananya bersumber dari APBD Kabupaten Ketapang tahun anggaran 2024 pada Dinas PUTR melalui program DAK jalan. Saat ini masih dalam proses lelang,” katanya.

Sedangkan, untuk penanganan ruas jalan Kepuluk – Batu Tajam sepanjang 11,6 kilometer, anggaran yang dialokasikan sebesar Rp 37,5 miliar.

“Kalau ini dananya juga di Dinas PUTR melalui program Dana Bantuan Hasil (DBH) Sawit, ini juga masih dalam tahap proses lelang dan diperkirakan setelah Idul Fitri 1445 H pengerjaannya sudah bisa dimulai,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Sekda menyampaikan berkaitan dengan ruas jalan Tumbang Titi – Tanjung, kewenangannya berada di tingkat provinsi, dan mungkin masih dalam proses lelang. Untuk itu, diakuinya bahwa Pemda Ketapang akan mengirim surat kepada Gubernur terkait kondisi titik-titik jalan yang mengalami kerusakan di sepanjang ruas jalan tersebut.

“Meski berstatus jalan provinsi, namun ia mengajak semua pihak untuk berkolaborasi, bersinergi, bergotong-royong dalam penanganan ruas jalan tersebut,” jelasnya.

Untuk itu, Sekda mengaku kalau dirinya telah menunjuk Camat Matan Hilir Selatan, Camat Sungai Melayu, Camat Tumbang Titi dan Camat Jelai Hulu sebagai koordinator lapangan yang akan mengadakan rapat teknis di lapangan, kemudian langsung mulai action melakukan perbaikan di titik-titik yang mengalami kerusakan.

“Kendala penanganan jalan saat ini hanya masalah kondisi cuaca, dan Pemda sendiri tidak tinggal diam melihat kondisi tersebut,”

Rapat koordinasi percepatan penangan ruas jalan Pelang – Kepuluk – Batu Tajam turut dihadiri, antara lain oleh Staf Ahli Bupati, Kadis PUTR dan OPD terkait, Camat Jelai Hulu, Camat Tumbang Titi, Camat Sungai Melayu Raya, Camat Matan Hilir Selatan serta beberapa pimpinan perusahaan. (yo)

Berita Terkait