Sekda Dukung Grebeg Suro Jadi Agenda Rutin

Teks foto
GREBEG SURO : Sekda Ketapang, Alexander Wilyo, menghadiri malam puncak peringatan Grebeg Suro di Pendopo Joglo Jawa di Jalan Lingkar Kota, Sabtu (29/7).

KETAPANG, MENITNEWS.id – Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo, menghadiri malam puncak Grebeg Suro dan peringatan Hari Jadi ke-26 Paguyuban Jawa Ketapang. Acara tersebut digelar di Pendopo Joglo Jawa di Jalan Lingkar Kota, Sabtu (29/7). Acara tersebut juga dimeriahkan dengan pagelaran wayang kulit selamam suntuk.

Alex menyampaikan selamat atas terselenggaranya rangkaian kegiatan Grebeg Suro serta peringatan HUT ke-26 Paguyuban Jawa Ketapang. Dia mengaku senang bisa hadir dalam acara tersebut, terlebih ini merupakan tahun ketiga dirinya menghadiri acara kegiatan Grebeg Suro Paguyuban Jawa.

“Biasanya setiap tahun Ketua Paguyuban Jawa menyampaikan beberapa hal ke pemda melalui saya, malam ini cuma satu saja, yakni meminta Grebeg Suro menjadi agenda tahunan tetap daerah. Kebetulan ada Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, saya minta agar segera diurus untuk ada SK Bupati supaya Grebeg Suro menjadi agenda rutin daerah Ketapang,” katanya.

Selain mendukung acara Grebeg Suro menjadi agenda rutin tahunan daerah, dirinya meminta dinas terkait untuk membarengi kegiatan ini dengan penganggaran. “Jadi ini bagian dari komitmen pemda yang memfasilitasi acara-acara kebudayaan semua etnis yang ada di Ketapang, seperti gawai Dayak, Melayu, Batak, Madura, Flobamora, Jawa dan lainnya. Artinya, pemda berlaku adil dan serius mengayomi dan melayani seluruh suku dan agama di Ketapang,” tegasnya.

Bahkan, lanjut Alex, Bupati dan Wakil Bupati dalam banyak kesempatan menyampaikan bahwa mereka merupakan pimpinan semua suku dan agama di Ketapang, bukan hanya menjadi pemimpin satu suku atau agama saja. “Dalam setiap kesempatan saya selalu menyampaikan, saya sebagai sekda semua masyarakat, baik dari suku dan agama apapun di Ketapang, sehingga kewajiban saya melayani semua masyarakat Ketapang,” ungkapnya.

Untuk itu, dia juga mengajak seluruh elemen masyarakat Ketapang yang terdiri dari berbagai ragam suku dan agama untuk dapat bersama menjaga dan membangun Ketapang secara bersama-sama. Terlebih Ketapang merupakan daerah yang dikenal dengan kabupaten yang aman dan damai.

“Mari kita jaga ketapang agar terus aman, damai dan harmonis. Apalagi kita akan menghadapi hajatan pemilu 2024. Kita rawat Ketapang menjadi rumah besar bagi semua suku dan agama yang ada,” ajak Alex. (*)

Berita Terkait