Kembangkan Potensi Pariwisata di Ketapang

Teks foto
PUTRA-PUTRI PARIWISATA : Pj Sekda Ketapang, Donatus Franseda, menghadiri malam pemilihan Putra Putri Pariwisata Nusantara Kabupaten Ketapang 2024, Kamis (13/9) malam.

KETAPANG, MENITNEWS.id – Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Donatus Franseda, menghadiri pemilihan Putra Putri Pariwisata Nusantara Kabupaten Ketapang 2024, di salah satu hotel di Kota Ketapng, Kamis (13/9) malam.

Pada Pemilihan Putra Putri Pariwisata Nusantara Kabupaten Ketapang 2024, Uti Wendra Anggara, dinobatkan sebagai Putra Pariwisata Nusantara Ketapang 2024. Sementara Putri Pariwisata Nusantara Kabupaten Ketapang 2024 jatuh pada Rizky Indah Maharani.

Franseda mengatakan, pariwisata adalah salah satu sektor yang sangat vital dalam perekonomian. Ketapang sebagai bagian dari Nusantara juga memiliki potensi yang sangat besar dalam bidang ini.

“Pemerintah Kabupaten Ketapang terus berkomitmen untuk memajukan sektor pariwisata. Pemerintah Kabupaten Ketapang juga memiliki komitmen yang kuat untuk terus mendorong dan memberdayakan potensi minat dan bakat generasi muda,” kayanya.

Dia menjelaskan, Kabupaten Ketapang juga memiliki potensi wisata yang sangat luar biasa. Ada potensi wisata alam seperti Sinar Kuri yang beberapa waktu lalu mendapat penghargaan dari Anugrah Pariwisata Indonesia, serta di tahun ini juga Pulau Cempedak Kendawangan dan 12 desa di Kalimantan Barat, berhasil masuk 300 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia dari 6.016 Desa Wisata se-Indonesia.

“Ketapang juga memiliki wisata budaya yang beragam seperti, event Robo Robo, Festival Budaya Melayu, Pekan Gawai Dayak dan sebagainya. Oleh karena itu, kami percaya dengan terselenggaranya acara ini, akan semakin meningkatkan promosi wisata di Kabupaten Ketapang dan sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, dia juga menyampaikan bahwa Kabupaten Ketapang akan mengadakan kembali Napak Tilas tahun 2024. Ini sebagai bagian dari rangkaian kegiatan untuk memperingati sejarah dan kebudayaan daerah.

“Acara ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk memperkenalkan kembali warisan budaya, sejarah penting, dan potensi wisata yang ada di Kabupaten Ketapang,” harapnya.

Dia mengungkapkan, tujuan utama dari Napak Tilas 2024 adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga dan melestarikan sejarah serta budaya daerah, sekaligus mempromosikan potensi pariwisata Ketapang kepada khalayak yang lebih luas.

“Acara ini tentunya akan melibatkan partisipasi aktif masyarakat, terutama generasi muda, dalam upaya melestarikan nilai-nilai sejarah dan budaya lokal. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi agenda tahunan yang memberikan dampak positif bagi pariwisata dan perekonomian daerah,” harapnya.

Dia juga berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat menumbuh-kembangkan minat dan bakat serta kemampuan putra putri terbaik dengan tujuan untuk ikut mengembangkan potensi pariwisata Kabupaten Ketapang. “Mari bersama-sama kita merayakan dan menghargai sejarah dan budaya di Kabupaten Ketapang melalui Napak Tilas 2024 ini,” ajaknya. (*)

Berita Terkait

Leave a Comment