Diduga Terkait Jaringan ISIS, Densus 88 Tangkap Seorang Pria di Mempawah

Suasana penangkapan terduga teroris di Sungai Pinyuh Kabupaten Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat, Jumat (5/6/2020).

MEMPAWAH, MENITNEWS.id – Tim Detasemen Khusus 88 (Densus 88) dan Brimob Polda Kalimantan Barat (Kalbar) menangkap seorang pria berinisial AR yang diduga terkait jaringan ISIS di Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Jumat (5/6/2020).

Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Pol Donny Charles Go membenarkan kejadian tersebut.

“Memang ada penangkapan terhadap seorang pria yang didiuga terkait dengan jaringan ISIS,” katanya.

Meskipun benar penangkapan tersebut, Donny masih enggan merinci detail penangkapan lantaran saat ini masih dilakukan pengembangan dan pemeriksaan terhadap terduga.

“Inisialnya AR, namun data masih minim dan saat ini masih dalam pendalaman Densus 88,” terangnya.

Sementara itu, dari informasi yang dihimpun, AR diamankan oleh Tim Gabungan Resmob dan Datasemen Khusus Anti Teror Polda Kalbar di bawah Pimpinan Kombes Pol Viktor Lateka Selaku Ketua Satgas Densus 88 Anti Teror Kalbar dan Dansat Brimob Polda Kalbar Kombes Pol Taufiq.

Dari hasil penggeledahan, tim gabungan menemukan barang bukti, diantaranya satu buah samurai panjang, dua buah pisau sangkur, satu buah belati, satu bungkus black powder, dua bungkus belerang.

Selain itu ada amunisi senjata api laras panjang, topi lambang ISIS, jaket loreng, HP andorid, tab dan telepon genggam, buku atau lembaran buku berisikan jihad, satu box peralatan listrik berupa solder, baterai, kabel dan lain-lain. Kemudian juga diamankan dokumen penduduk terduga berupa KTP dan paspor serta buku tabungan.

AR yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan depot air minum ditangkap di lokasi depot air tempatnya bekerja di Jalan Jurusan Pontianak Kelurahan Sungai Pinyuh, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah.

Setelah dilakukan penangkapan, tim Gabungan Resmob, Densus 88 Antiteror, Inafis dan Res Mempawah membawa tersangka ke Polsek Sungai Pinyuh untuk dilakukan pemeriksaan awal dan dilakukan Rapid Tes oleh Satgas Covid 19, selanjutnya dibawa ke Mako Brimob.

Selanjutnya, tim gabungan melakukan penggeledehan dirumah kediamannya di Gang Seroja, Kelurahan Sungai Pinyuh dengan disaksikan oleh Lurah Sungai Pinyuh dan Wakil Ketua RT setempat. (an)

Berita Terkait