
KETAPANG, MENITNEWS.id – Pasar Sandang kembali hadir untuk tahun keempat di Ketapang. Ini menjadi ajang bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), khususnya di bidang thrifting dan clothing di Ketapang. Kegiatan ini berlangsung meriah sejak dibuka empat hari lalu di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Ketapang.
Pasar Sandang berawal dari konsep acara bertajuk Lelang Lelong, yang kemudian berganti nama menjadi Pasar Sandang. Ini diharapkan bisa menjadi wadah yang lebih luas bagi para pelaku usaha clothing lokal di Ketapang.
“Kami ingin menciptakan ruang bagi teman-teman pelaku usaha lokal untuk bisa berkembang dan memperkenalkan produk mereka ke masyarakat luas,” ujar Mas Ade, pendiri Pasar Sandang, Rabu (26/3).
Tahun ini, Pasar Sandang diikuti oleh banyak brand lokal ternama seperti Qyu Store, Eyeslikethrift, Lelong dafe, Sg-room, Idunk sc, Good Stuff, Archive, Duns Second Store x Season.90s, Second Used x Ixthrift, Jackton x Arsshop, serta Monica x Loveecoo. Para tenant diharapkan menampilkan koleksi terbaik mereka untuk menarik minat pengunjung.
Acara ini semakin semarak dengan adanya sesi lelang dan giveaway yang diadakan setiap hari. Kolaborasi antar-tenant juga menjadi daya tarik tersendiri. Uniknya, tahun ini Pasar Sandang diselenggarakan tanpa sponsor.
“Kalau tahun-tahun sebelumnya kita sempat mendapat dukungan sponsor, tahun ini kita putuskan untuk benar-benar murni sebagai bentuk support untuk UMKM lokal,” tambah Mas Ade.
Respons pengunjung terhadap acara ini sangat positif. Di hari keempat, Pasar Sandang telah mencapai sekitar 50 persen dari target pengunjung sebanyak 1.000 orang selama seminggu pelaksanaan.
“Antusiasme masyarakat cukup tinggi. Pasar Sandang mulai menjadi alternatif baru bagi masyarakat Ketapang untuk berbelanja pakaian, baik baru maupun second,” jelasnya.
Meski tahun ini fokus pada penjualan dan promosi produk lokal, Mas Ade mengungkapkan rencana pengembangan untuk tahun depan. “Ke depannya, kita berencana menambahkan elemen hiburan seperti live music dan workshop agar Pasar Sandang bisa menjadi even yang lebih besar dan menarik lebih banyak pengunjung,” harapnya.
Pasar Sandang menjadi bukti nyata bagaimana semangat kolaborasi dan dukungan terhadap UMKM lokal dapat menciptakan peluang baru bagi pelaku usaha di Ketapang. Dengan semangat kebersamaan dan kreativitas, Pasar Sandang diharapkan terus menjadi ajang yang memperkuat ekosistem UMKM lokal di masa mendatang. (ra)