Farhan; Masjid juga Bisa Jadi Pusat Peradaban

Teks foto
PELETAKAN BATU PERTAMA : Wabup Ketapang, Farhan, meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Al-Ikram di Manis Mata, Rabu (7/8).

MANISMATA, MENITNEWS.id – Pembangunan Masjid Al-Ikram di Desa Silat, Kecamatan Manis Mata, resmi dimulai. Wakil Bupati Ketapang, Farhan, meletakkan batu pertama pembangunan masjid ini pada Rabu (7/8).

“Kita bersyukur pada kesempatan ini dapat berkumpul di lokasi pembangunan Masjid Al-Ikram. Kita bangga, senang dan ikhlas, karena kita semua diberikan kesehatan,” kata Farhan.

Farhan mengaku sudah dua kali datang ke Desa Silat. Dia merasa senang karena bisa menginap, bercengkrama dan berdiskusi terkait pemerintahan, pembangunan dan lainnya dengan masyarakat setempat.

“Menurut cerita lokasi ini, pembangunan Masjid sudah keempat kalinya. Jadi, tempo dulu semua berada di tepian sungai. Mudah-mudahan ini menjadi yang permanen, karena lokasinya juga tidak di pinggir sungai agar tidak terkena banjir seperti lokasi sebelumnya,” harapnya.

Dia mengungkapkan, kedatangannya tidak hanya menghadiri acara peletakan batu pertama pembangunan masjid, tetapi juga untuk menggapai keberkahan.

“Kita menghadiri acara ini setidak-tidaknya kita telah memberi dukungan masyarakat Desa Silat kepada panitia pembangunan masjid. Ketika memberikan semangat itu, tentu kita telah mencapai keberkahan dan kemuliaan,” jelasnya.

“Saya berpesan, masjid jangan hanya diterjemahkan sebagai tempat ibadah, tetapi masjid juga bisa menjadi tempat pusat peradaban masyarakat setempat, seperti bermusyawarah terkait masalah kemasyarakatan,” lanjut Farhan.

Dia juga berharap kepada pengurus setelah masjid ini terbangun agar disediakan lahan untuk TPQ agar anak bisa belajar pendidikan Alquran dan lainnya. Selain itu, kas masjid boleh juga memberikan bantuan beasiswa kepada anak-anak yang berprestasi tetapi tidak mampu.

“Masjid tidak hanya untuk tempat beribadah, tetapi masjid juga bisa bergerak di bidang sosial, pendidikan, bahkan bergerak dibidang ekonomi. Semoga pembangunan Masjid Al-Ikram ini dapat berjalan dengan lancar dan nanti dapat kita tempati sesuai rencana yang telah kita persiapkan,” harapnya. (*)

Berita Terkait