Pastikan Proses Pendidikan Anak Sesuai Porsi

Teks foto
FASILITASI : Sekda Ketapang, Alexander Wilyo, membuka kegiatan fasilitasi Bunda PAUD, Selasa (9/7).

KETAPANG, MENITNEWS.id – Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo, membuka kegiatan fasilitasi Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Selasa (9/7). Kegiatan ini juga dirangkai dengan sosialisasi aksi bersama penguatan implementasi gerakan transisi PAUD ke Sekolah Dasar (SD).

Alex mengatakan, aksi bersama ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan untuk memastikan transisi anak dari PAUD ke SD berjalan mulus dan efektif.

Oleh karena itu, dia menekankan pentingnya kolaborasi antara PAUD dan SD untuk menyelaraskan kurikulum agar anak-anak tidak mengalami perbedaan dalam materi pelajaran. “Peran guru PAUD dan SD juga sangat penting dalam mendukung anak secara emosional dan akademis selama masa transisi,” katanya.

Menurutnya, transisi ini penting, karena usia lahir hingga delapan tahun adalah masa krusial dalam mengembangkan kemampuan dasar anak.

“Gerakan bersama ini bertujuan melindungi hak anak untuk tumbuh, berkembang dan dihargai, baik di lingkungan pendidikan maupun di rumah. Oleh karena itu, peran guru dan pelatihan yang fokus pada strategi transisi yang efektif sangat dibutuhkan,” ungkapnya.

Alex mengajak orang tua untuk mendukung proses transisi ini dengan memberikan lingkungan belajar yang aman dan menyenangkan bagi anak-anak.

“Acara ini juga bertujuan memastikan setiap anak mendapatkan haknya dalam proses pendidikan sesuai porsinya. Kita harus memastikan bahwa anak-anak mendapatkan pengalaman belajar yang positif dan berkelanjutan,” pungkasnya. (

Berita Terkait