Ratusan Anak Ikuti Pawai Obor Peringati Tahun Baru Islam

Teks foto
PAWAI TAARUF : Wabup Ketapang, Farhan, melepas peserta pawai taaruf dalam rangka memperingati malam Tahun Baru Islam di Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang, Sabtu (6/7) malam.

KETAPANG, MENITNEWS.id – Sempat diguyur hujan, ratusan peserta meramaikan pawai obor dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1446 Hijriah, Sabtu (6/7) malam. Kegiatan yang digelar Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang ini dibuka oleh Wakil Bupati Ketapang, Farhan.

Farhan mengaku bahagia dan bangga karena setiap 1 Muharram dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, khususnya pawai taaruf. “Pawai taaruf ini tujuannya kita bergembira, kita memberitahu kepada umat Muslim bahwa besok hari kita sudah berada pada 1 Muharram, dan ini juga merupakan terima kasih kita dalam tahun baru Islam,” kata Farhan.

Dia berpesan bahwa peringatan 1 Muharram ini tidak hanya lebih kepada bagaimana mengadakan kegiatan pawai taaruf dan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang lain, tetapi lebih dari itu bagaimana mengintropeksi diri dalam satu tahun sebelumnya. “Oleh karena itu, evaluasi ini bisa kita sebut hijrah. Hijrah dari kondisi yang tidak baik masuk ke kondisi yang baik,” jelasnya.

Dia berharap di tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah ini masyarakat dapat hijrah pada posisi yang sangat baik. “Mudah-mudahan kita semua selalu diberikan kesehatan oleh Allah, diberi umur yang panjang, umur yang berkah sehingga kita dapat menjalankan kegiatan selama tahun 1446 Hijriah ini,” harapnya.

Pawai taaaruf ini juga dimeriahkan dengan penampilan drum band dari MAN 1 Ketapang, MIN 1 Ketapang, SMPN 1 Ketapang, SMAN 2 Ketapang, dan SMAN 3 Ketapang. Ratusan pelajar sejumlah sekolah di Kota Ketapang ikut ambil bagian dalam pawai ini.

Acara ini juga dihadiri Kepala Kemenag Ketapang, Kapolsek Delta Pawan, perwakilan Polres dan Kodim, Kepala Dinas Pendidikan Ketapang, Kaban BPBD, Kadis PUPR, Wakil Ketua TP PKK Ketapang, Ketua dan Pengurus Masjid Agung Al-Ikhlas, PHBI dan undangan lainnya. (*)

Berita Terkait