Ziarah ke Makam Pengeran Iranata dan Makam Keramat 9

Teks foto
ZIARAH : Wabup Ketapang, Farhan, didampingi Sekda Ketapang, Alexander Wilyo, melakukan ziarah ke Makam Pengeran Iranata dan Makam Keramat Sembilan di di Desa Negeri Baru, Kecamatan Benua Kayong, Sabtu (9/3).

KETAPANG, MENITNEWS.id – Memperingati Hari Jadi ke-606 Ketapang, jajaran Forkopimda Ketapang menggelar ziarah ke Makam Pengeran Iranata dan Makam Keramat Sembilan di di Desa Negeri Baru, Kecamatan Benua Kayong, Sabtu (9/3). Ziarah ini dipimpin Wakil Bupati Ketapang, Farhan, dan didampingi Sekda Ketapang, Alexander Wilyo.

“Ziarah yang kita laksanakan ini merupakan amanah dari Peraturan Daerah Kabupaten Ketapang nomor 7 tahun 2012 tentang Penetapan Hari Jadi Ketapang dan Peraturan Bupati Ketapang nomor 5 tahun 2020 tentang Cara Peringatan Jadi Ketapang,” kata Farhan.

Menurutnya, ziarah di tempat bersejarah dan situs cagar budaya ini sebagai penghormatan kepada leluhur, pejuang dan pendahulu Ketapang yang telah meletakkan pondasi peradaban dan pembangunan di Ketapang 606 tahun lalu.

“Sebagai generasi penerus, kita semua mempunyai kewajiban dalam mengisi dan melanjutkan pembangunan di Ketapang yang kita cintai ini sesuai tema peringatan ‘Terus Bekarya untuk Ketapang Maju dan Masyarakat Sejahtera,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, ziarah ini bertujuan untuk mendoakan para leluhur, tokoh pejuang dan pendahulu Ketapang yang telah meninggal dunia agar mereka diampuni dosa-dosanya, dirahmati dan selalu diberkahi oleh Tuhan yang maha esa.

“Peringatan Hari Jadi Ketapang ini bersamaan dengan awal puasa Ramadan 1445H. Saya mengajak kita semua menyambut kedua momen yang baik ini dengan penuh kegembiraan dan penuh syukur,” ajaknya.

Dalam ziarah makam ini dilakukan penggantian kain sungkup makam, tabur bunga dan makan bersama kuliner khas Ketapang, Ketupat Colet. (*)

Berita Terkait