Martin Buka Kick Off Penyusuman KLHS RPJMD

Teks foto
BUKA RAPAT : Bupati Ketapang, Martin Rantan, memukul gong sebagai tanda dimulainya acara penyusunan KLHS RPJMD Ketapang 2025-2029, Selasa (5/3).

KETAPANG, MENITNEWS.id – Bupati Ketapang, Martin Rantan, membuka acara dimulainya penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Ketapang 2025-2029. Acara berlangsung di Ruang Rapat Utama Kantor Bupati Ketapang, Selasa (5/3).

Martin mengatakan, kegiatan ini menjadi penting untuk dilakukan guna penyebarluasan informasi serta memberikan pemahaman kepada para pihak, terutama kelompok kerja penyusunan KLHS, terkait perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Ketapang. Dengan demikian, kedepan dapat terwujud kelestarian sumber daya alam, serta terjamin kesejahteraan dan kualitas hidup generasi sekarang dan generasi yang akan datang di Kabupaten Ketapang.

“Saya berharap agar proses penyusunan KLHS-RPJMD ini dapat dilakukan dengan analisis yang sistematis, menyeluruh dan partisifasip untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam kebijakan atau rencana program pembangunan di Kabupaten Ketapang,” katanya.

Dia menjelaskan, untuk menghasilkan dokumen KLHS yang berkualitas, tahapan-tahapan penyusunan KLHS hendaknya dilaksanakan secara maksimal. Mulai dari pengumpulan data hingga tahapan validasi.

“Saya minta kepada seluruh tim pokja dan tim ahli penyusun dokumen KLHS RPJMD untuk dapat melaksanakan seluruh tahapan penyusunan dengan sebaik-baiknya, sehingga nantinya dihasilkan dokumen sesuai dengan yang diharapkan,” pesannya.

Selain itu, Martin juga berterima kasih kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI melalui UNDP-Kalfor, yang akan membantu berpartisipasi dalam penyusunan KLHS-RPJMD Kabupaten Ketapang tahun 2025-2029. (*)

Berita Terkait