AJK Kenalkan Jurnalistik di Politap

Teks foto
KERJA SAMA : Direktur Politeknik Negeri Ketapang, Irianto, menyerahkan plakat kepada Ketua AJK, Theo Bernadhi, usai penandatanganan MoU, Selasa (21/3).

KETAPANG, MENITNEWS.id – Aliansi Jurnalis Ketapang (AJK) menjalin kerja sama dengan Politeknik Negeri Ketapang (Politap), Selasa (21/3). Kerja sama yang ditandatangani langsung oleh Direktur Politeknik Negeri Ketapang dan Ketua AJK tersebut dalam rangka peningkatan sumber daya manusia, salah satunya pengenalan jurnalistik kepada mahasiswa.

Direktur Politeknik Negeri Ketapang, Irianto, menyambut baik kerja sama tersebut. Menurutnya, program AJK Masuk Kampus sangat bermanfaat, khususnya kepada para mahasiswa. Selain mengenal dan paham terhadap jurnalistik, melalui kerja sama ini diharapkan bisa menjadi bekal kepada mahasiswa dalam penulisan kerya ilmiah, perkuliahan, dan penyusuan tugas akhir.

Selain itu juga, melalui pengenalan jurnalistik ini, mahasiswa bisa membedakan antara berita yang benar dan berita hoaks yang banyak tersebar di media sosial. “Apalagi mahasiswa menjadi pihak yang banyak menggunakan media sosial, baik untuk kebutuhan publikasi momen sehari-hari atau penyebarluasan tulisan maupun berita. Jadic penting mereka mengetahui informasi seperti apa yang layak disebarluaskan dan apa saja produk jurnalistik,” katanya.

Dengan adanya kerja sama ini pihaknya berharap kedepan setiap kegiatan Politeknik atau kemahasiswaan di setiap prodi yang memang memerlukan narasumber berkaitan dengan penulisan hingga produk jurnalistik, maka tentu dapat dibantu dengan mendatangkan narasumber dari pihak AJK.

“Misalkan seperti kuliah tamu atau agenda himpunan mahasiswa yang berkaitan dengan jurnalistik, maka rekan-rekan AJK bisa hadir memberikan dan membagikan pengetahuan dan pengalamannya,” ujar Irianto.

Ketua AJK Ketapang, Theo Bernadhi, mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari cara menjaga konsistensi AJK untuk tidak sebatas menjadi wadah berkumpul dan advokasi anggota, tetapi juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, termasuk lewat pendidikan, yakni lewat program AJK Masuk Kampus.

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Politeknik Negeri Ketapang, karena telah menyambut baik program AJK Masuk Kampus, terlebih dengan dilaksanakannya penandatangan nota kesepahaman antara Politeknik Negeri Ketapang dan AJK. Ini menjadi langkah awal untuk terus bersinergi dalam hal positif ke depannya,” kata Theo.

Pemateri dalam kesempatan itu, Ahmad Sofi, mengajak kepada mahasiswa untuk bijak dalam menggunakan media sosial, khususnya dalam menyebarluaskan informasi yang menggunakan media sosial. “Melalui kegiatan ini mudah-mudahan seluruh peserta bisa membedakan antara berita dan hoaks,” ungkapnya. (*)

Berita Terkait