Hadiri Panen Raya, Sekda Serahkan Bantuan

Teks foto
PANEN : Sekda Ketapang, Alexander Wilyo, menghadiri panen raya padi di Desa Tanjung Baik Budi, Kecamatan Matan Hilir Utara, Selasa (28/2).

KETAPANG, MENITNEWS.id – Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo, menyerahkan bantuan alat pertanian kepada kelompok tani di Desa Tanjung Baik Budi, Kecamatan Matan Hilir Utara. Bantuan tersebut diserahkan pada acara panen raya padi Kelompok Tani Jaya Abadi Tanjung Baik Budi, Selasa (28/2).

Alex mengapresiasi kelompok tani tersebut yang sangat terkenal sebagai daerah penghasil beras. “Potensi ini harus kita jaga. Selama kita masih mengkonsumsi beras atau nasi, tidak mungkin kita akan meninggalkan pertanian, khususnya padi,” tegasnya.

Oleh sebab itu, jelas Alex, Pemda Ketapang menjadikan pertanian ini sebagai salah satu program yang penting di Kabupaten Ketapang melalui program IPDMIP, program dari Pemerintah Pusat. “Melalui program dari pusat ini kita bisa membantu, bahkan membina para petani. Jadi, tidak ada halangan secara administratif,” ungkapnya.

Selanjutnya terkait jalan pertanian, dia berharap kedepan ada bantuan pembangunan dari Pemerintah Kabupaten Ketapang melalui Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perkebunan Ketapang. “Ini bisa diupayakan melalui kelompok tani, seperti tanah harus dihibahkan dulu secara administratif ke pemkab. Setelah itu baru dibangun,” paparnya.

“Begitu juga dengan infrastruktur lain, seperti pintu air dan penahan air laut dan tanggul yang menjadi prioritas agar tidak ada kendala gagal panen karena intrusi air laut,” pungkasnya.

Penyerahan bantuan dan panen raya tersebut juga dihadiri Anggota DPRD Ketapang, Mia Gayatri, Staff Ahli Bupati Ketapang Junaidi Firrawan, Kabag Ekbang, Kabid Pertanian, Bapedda, Camat MHU, Kades Tanjung Baik Budi, dan lainnya. (*)

Berita Terkait