Sekda Wacanakan Pembuatan UMKM Corner

Teks foto
ARAHAN : Sekda Ketapang, Alexander Wilyo, memberikan arahan saat memimpin apel di lingkungan Setda Ketapang, Senin (13/2) pagi.

KETAPANG, MENITNEWS.id – Sekrekaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo, meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk membuat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Corner. Hal ini sebagai wujud kepedulian sekaligus perhatian dan tanggung jawab untuk pembinaan UMKM.

Alex mengatakan, Kabupaten Ketapang memiliki potensi kerajinan atau produk lokal yang luar biasa. Produk yang dimaksud bukan hanya sekedar anyaman dan aksesoris, namun ada batu kecubung juga. “Kecubung nanti kita pajang di stand UMKM Corner dan diwajibkan semua bagian untuk mengisinya,” pinta Alex saat memberikan arahan saat memimpin apel di halaman Kantor Bupati Ketapang, Senin, (13/2).

Selain arahan tentang UMKM Corner, Alex juga menyampaikan laporan tentang index Sistem Pemerintahan Berbasis Elektrik (SPBE) yang menurutnya hasilnya cukup, namun di bawah target. Oleh karena itu, dia meminta kepada Bagian Organisasi Setda Ketapang untuk mengagendakan rapat khusus untuk membahas capaian SPBE ini.

“Saya mau cek OPD mana yang tidak responsif yang tidak peduli sehingga menyebabkan index SPBE kita rendah. Ini bisa saja terjadi karena data-data tidak disampaikan. Kemudian, kita wajib menyusun SK atau Perbup tentang aplikasi-aplikasi yang tidak dilaksanan,” tegasnya.

Alex juga meyampaikan informasi terkait jadwal pelaksanaan turnamen futsal bagi seluruh OPD dan instansi yang sudah diagendakan pada tanggal 20 Februari 2023 mendatang. “Nanti, silakan dari Sekretariat Daerah, BKPSDM, BPKAD, Pol PP untuk mensupport timnya masing-masing,” ujarnya.

Dia mengingatkan agar seluruh ASN tetap bekerja secara profesional dan bertanggung jawab terhadap tugas tugas dan amanah yang diemban. “Dalam bekerja, tidak harus selalu marah, tetapi tanamkan dalam diri kita untuk bekerja yang terbaik. Jadikan itu sebagai kepuasan batin. Kalau kita bekerja baik dan profesional, dipastikan juga kita akan melayani semua orang dengan baik dan profesional, karena itulah hakikat sumpah jabatan kita,” terangnya.

Selain itu juga, untuk publikasi akan diperlombakan. Bagi seluruh OPD yang terinformatif, kemudian publikasi-publikasi kinerjanya dan kegiatannya baik, maka akan mendapatkan penghargaan. “Nanti kita akan sampaikan pada saat apel gabungan seluruh OPD sampai kepada kecamatan. Supaya kita transparan, supaya kita bertanggung jawab terhadap amanah, terhadap tugas-tugas yang diberikan pimpinan dan daerah ini,” pungkasnya.

Arahan Sekda Ketapang tersebut disampaikan dan didengar langsung oleh peserta apel yang dihadiri para Staff Ahli, Asisten Sekda, para Kaban, Kabag para pegawai ASN dan non ASN di linggkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Ketapang. (*)

Berita Terkait