Minta Perusahaan Ikut Perbaiki Jalan

Teks foto
RAKOR : Sekda Ketapang, Alexander Wilyo, memimpin rapat koordinasi perbaikan sejumlah ruas jalan yang melibatkan perusahaan, Kamis (6/10).

KETAPANG, MENITNEWS.id – Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo, meminta perusahaan agar ikut memperbaiki ruas jalan yang rusak menggunakan program Corporate Social Responsibility (CSR). Hal tersebut disampaikan Alex saat memimpin rapat peningkatan infrastruktur jalan di Pendopo Bupati Ketapang, Kamis (6/10)

Alex mengatakan, perbaikan dan peningkatan infrastruktur jalan ini juga berkaitan dengan dilaksanakannya kegiatan MTQ ke-30 di Kabupaten Ketapang pada November mendatang. “Yang menjadi target utama kita dalam perbaikan jalan tersebut adalah Jalan Tumbang Titi-Tanjung, Jalan Pelang-Batu Tajam, dan Jalan Sungai Gantang-Kelampai-Desa Kedondong,” katanya.

Dia menjelaskan, ruas-ruas jalan tersebut merupakan jalur vital dan strategis yang saat ini dalam kondisi yang rusak parah. Hal ini dikarenakan mobilitas masyarakat yang cukup tinggi dan juga faktor alam belakangan ini. Intensitas hujan yang tinggi membuat jalan tergenang dan becek.

Dalam rapat tersebut, Alex menginstruksikan Dinas PUTR sebagai koordinator kegiatan agar segera berkoordinasi dengan Bappeda untuk menentukan titik timbun agar tidak terjadi penumpukan yang dapat mengganggu pengguna jalan. “Saya tunjuk Dinas PUTR sebagai kordinator untuk tiga pemeliharaan ruas jalan tersebut,” ungkap Alex.

Selain Dinas PUTR, Alex juga meminta agar Dinas Perhubungan juga segera berkoordinasi dengan Polres, Polsek, Koramil, dan Satpol PP, terutama yang menyangkut dengan rambu lalulintas dan tanda batas serta beban kendaraan. Selain itu juga perlu untuk segera mengambil tindakan yang diperlukan jika terjadi pelanggaran hukum.

Pada rapat tersebut disepakati untuk perbaikan ruas jalan dibagi menjadi tiga bagian. Bagian satu yakni Jalan Pelang-Batu Tajam yang dipimpin Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan. Sedangkan koordinator lapangannya dalah Camat Sungai Melayu Rayak dan Camat MHS. Jalan tersebut akan melibatkan PT Limpah, PT .Arrtu, PT LAB, dan PT BGA untuk perbaikannya.

Untuk jalan Jalur Tumbang Titi-Tanjung dan Desa Mahawa-Pangkalan Paket, dipimpin Staf Ahli Bupati Bidang Ekbang dengan koordinator lapangan yakni Camat Tumbang Titi dan Camat Jelai Hulu. Sementara perusahaan yang ditunjuk adalah PT Cargill.

Sedangkan Jalan Sungai Gantang sampai dengan Kelampai, dipimpin Kepala Dinas Pertanian, Perternakan dan Perkebunan dengan koordinator lapangan Camat Kendawangan dan Kepala Desa. Perusahaan yang dilibatkan dalam perbaikan adalah PT PAL dan PT HKI. “Dengan adanya perbaikan pada jalan-jalan strategis ini diharapkan dapat tercipta situasi, investasi, dan stabilitas daerah,” ungkap Alex.

“Saya juga meminta kepada kita semua agar berkenan berpartisipasi dalam bentuk apapun untuk mencari solusi terbaik sesuai koridor hukum, untuk menjadikan Kabupaten Ketapang semakin berkemajuan,” pungkas Alex. (*)

Berita Terkait