Sekda; Harus Bangga dengan Adat Istiadat

teks foto
BUKA GAWAI : Seksa Ketapang, Alexander Wilyo, membuk Gawai Adat Dayak Pempagok Jeremek di Dusun Nekdoyan, Desa Laman Satong, Kecamatan MHU, Sabtu (20/8).

KETAPANG, MENITNEWS.id – Gawai Adat Dayak Pempagok Jeramek di Dusun Nekdoyan, Desa Laman Satong, Kecamatan Matan Hilir Utara pada Sabtu (20/8) berlangsung lancar. Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo.

Alex yang juga merupakan Patih Jaga Pati Kerajaan Hulu Aik Laman Sembilan Domong Sepuluh berharap kegiatan tradisi Pempagok Jeramek ini jangan sampai ditinggalkan. “Jika ada tradisi leluhur kita, orang tua kita zaman dulu yang rutin harus kita laksanakan kembali. Misalnya gawai buah atau bersenggayong dan lain sebagainya,” pesan Alex.

Selain untuk meneruskan tradisi leluhur, Alex, menilai kegiatan tersebut bisa menjadi daya tarik untuk wisata budaya, karena merupakan suatu yang unik. “Jangan pernah malu akan adat istiadat budaya tradisi orang tua atau leluhur kita. Justru kita harus bangga dengan adat dan istiadat yang kita miliki,” tegasnya.

Selain itu, dia juga mengatakan betapa pentingnya pendidikan. Oleh karena itu, dia berharap agar masyarakat adat di Desa Laman Satong mendukung penuh anak-anaknya untuk bersekolah setinggi-tingginya, minimal tingkat SMA. Bahkan jika bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi.

Menurutnya, pendidikan merupakan pintu untuk membuka wawasan anak menghadapi dunia yang semakin maju. Terlebih lagi perkembangan zaman yang malaju dengan cepat. “Hal ini dilakukan agar kita mampu bersaing dengan orang yang sudah lebih maju dan supaya tidak terlalu jauh kesenjangan. Kita harus sehat, dan jauh dari Narkoba,” pungkas Alex.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh tokoh adat, tokoh masyarakat dan masyarakat setempat. Turut hadir juga sejumlah pejabat dari Pemerintah Kabupaten Ketapang mendampingi Sekda Ketapang. Di antaranya Kepala Dinas Perhubungan, Kabid PMD, BPKAD, dan Kasat Pol PP. (*)

Berita Terkait