Sekda Dorong Pelestarian Adat dan Tradisi

Teks foto
RITUAL ADAT : Sekda Ketapang, Alexander Wilyo, menghadiri acara acara Sapat Tohon (Nyapat Tahun) Kayong Sekayok di Rumah Adat Sekembar, Desa Kayong Tuhe, Nanga Tayap, Minggu (12/6).

KETAPANG, MENITNEWS.id – Sekretaris Daerah Ketapang, Alexander Wilyo, menghadiri acara acara Sapat Tohon (Nyapat Tahun) Kayong Sekayok. Acara tersebut digelar oleh masyarakat adat Dayak Kecamatan Nanga Tayap yang dipusatkan di Rumah Adat Sekembar, Desa Kayong Tuhe, Minggu (12/6).

Tak hanya melibatkan satu desa, kegiatan adat ini juga mengikutsertakan desa lain. Termasuk di antaranya desa di wilayah Kayong Sekayok, yakni Kayong Hulu, Kayong Tuhe, Kayong Utara, Tajok Kayong, dan Desa Betenung.

Alex mengatakan, Pemerintah Kabupaten Ketapang sangat mendukung dilaksanakannya acara-acara adat seperti ritual Sapat Tohon oleh masyarakat Adat Kayong Sekayok ini. “Harapan saya mulai tahun depan, acara adat Nyapat Tohon di Kecamatan Nanga Tayap bisa dilaksanakan atau dipusatkan di satu titik dan dapat dilakukan secara bergiliran setiap desa sebagai tuan rumah di setiap tahunnya,” katanya.

Pria yang juga merupakan Patih Jaga Pati Laman Sembilan Domong Sepuluh Kerajaan Hulu Aik bergelar Raden Cendaga Pintu Bumi Jaga Banua itu mengungkapkan, tidak hanya sebagai warisan secara turun temurun, acara adat Nyapat Tohon ini juga menjadi cara masyarakat adat dalam menghidupkan nilai-nilai positif dari tradisi dan nilai-nilai luhur adat budaya itu sendiri.

Oleh karena itu, sebagai warisan para leluhur, dia mengajak kepada seluruh masyarakat adat untuk menjaga dan melestarikannya. “Kita yang harus menjaga dan melestarikannya. Oleh karena itu, kita sebagai generasi penerus harus meneruskan adat istiadat ini hingga ke anak cucu kita,” pinta Alex.

Dia menambahkan, acara adat ini direncanakan akan difasilitasi melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Ketapang pada tahun anggaran mendatang. Ini merupakan sebuah wujud dukungan pemerintah terhadap pelestarian tradisi dan budaya daerah.

“Kita sangat mendukung kegiatan adat budaya. Maka dari itu, saya berharap tahun depan acara adat ini kita laksanakan kembali dengan lebih meriah dan lebih besar lagi. Mudah-mudahan nanti juga dapar didukung atau difasilitas oleh Pemerintah Kabupaten Ketapang melalui APBD,” ucapnya.

Pada kesemptan itu, Sekda juga didampingi Asisten III Sekda yang juga Ketua DAD Kabupaten Ketapang, Kadis Tanakbun, Kadis Dukcapil, Kaban Kesbangpol, Sekdis Kominfo, Kabid PMD, BPKAD, Prokopim, dan Camat Nanga Tayap. (*)

Berita Terkait