KETAPANG, MENITNEWS.id – Pelayanan publik Sekretariat Daerah (Setda) Ketapang mendapat nilai sangat baik. Sementara untuk mutu pelayanan mendapat nilai B. Nilai tersebut diketahui berdasarkan hasil survei Indeks Pelayanan Masyarakat (IPM) yang dilaksanakan oleh Setda Ketapang untuk tahun 2021.
Survei diambil dengan melibatkan 132 responden dengan rincian 88 orang laki-laki dan 51 responden perempuan. Responden tersebut dari berbagai kalangan usia, pendidikan dan pekerjaan.
Kepala Bagian TU dan Pimpinan Setda Ketapang, Pipensius, mengatakan survei ini dilakukan guna mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terdapat pelayanan publik di Sekretariat Daerah Kabupaten Ketapang.
“Selain dapat digunakan untuk mengukur mutu dan kinerja pelayanan di Setda Kabupaten Ketapang, survei ini juga dapat menjadi dasar penyusunan indeks kepuasan masyarakat secara nasional oleh Mempan RB,” katanya belum lama ini.
Pria yang akrab disapa Pipen ini menyatakan, meski mendapat nilai B dan sangat baik, pihaknya tetap akan mengevaluasi terhadap hasil survei tersebut. “Terima kasih terhadap penilaian yang masyarakat berikan, masukan masyarakat sangat bermanfaat untuk kemajuan pelayanan publik kami, kami akan terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas bagi pelayanan,” ungkapnya.
Untuk diketahui, IKM dimaksud berdasar pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Publik. (*)