Bupati Lantik Heronimus Tanam Jadi Pj Sekda



LANTIK : Heronimus Tanam, dilantik menjadi Penjabat Sekda Ketapang, kemarin (4/9). Tanam menggantikan Farhan, yang pensiun dini karena maju pada Pilkada Ketapang 2020.

KETAPANG – Bupati Ketapang, Martin Rantan, melantik Heronimus Tanam, sebagai Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Ketapang pada Jumat (4/9) pagi. Pelantikan dihadiri oleh seluruh pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Ketapang, termasuk mantan Sekda Ketapang, Farhan.

Heronimus Tanam menempati posisi Pj Sekda Ketapang menggantikan Farhan, yang memilih pensiun dini karena maju pada Pilkada Ketapang 2020. Farhan menjabat sebagai Sekda Ketapang dari 9 November 2018 hingga 31 Agustus 2020.

Bupati Ketapang, Martin Rantan, berharap kepada penjabat sekda yang baru saja dilantik dapat melaksanakan tugas dan kewajiban dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggungjawab. Dia juga meminta agar dalam waktu dekat ini Penjabat Sekda dapat memimpin dan mengorganisir perangkat daerah dalam pembahasan anggaran APBD perubahan 2020 dan APBD murni 2021.

“Penjabat Sekda memiliki tugas yang sama dengan sekda definitif yakni, membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan dan pengorganisasian administrasif pelaksanaan tugas perangkat daerah serta pelayanan administrasif,” kata Martin, dalam pidato pelantikan kemarin (4/9).

Pada kesempatan tersebut, Martin juga mengucapkan terimakasih kasih kepada mantan Sekda Ketapang, Farhan, yang telah mengabdi untuk Pemda Ketapang. Dia mengenal Farhan sebagai sosok pimpinan ASN yang tegas dan teliti. “Yang paling saya ingat dan beda dari yang lainnya, Farhan ini orangnya sangat teliti,” jelasnya.

Kepada Pj Sekda yang baru, Martin meminta agar melanjutkan kinerja sekda. Tak kalah pentingnya adalah mencapai dan mempertahankan prestasi yang dicapai. “Lanjutkan prestasi yang dicapai selama ini. Jadikan pengabdian ini menjadi lebih bermankan. Ciptakan inovasi untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi, serta bangun kerjasama tim,” pesan Martin.

Martin menambahkan, untuk menempati posisi sekda definitif, Pemda Ketapang akan melakukan lelang jabatan. Namun demikian, dia masih belum bisa memastikan kapan lelang jabatan tersebut dapat dilaksanakan. “Belum tahu kapan, tapi kami usahakan secepatkan agar sekda definitif bisa dilantik,” ujarnya.

Selain menjabat sebagai Penjabat Sekda Ketapang, Heronimus Tanam, juga merangkap jabatan sebelumnya yakni, Asisten Setda Bidang Adminstrasi umum. “Kami memang dituntut dua tugas yang berat. Pertama, karena jabatan ini rangkap. Yang kedua, kita menghadapi perhelatan pesta demokrasi. Tentu ini memerlukan kesiapan pikiran untuk kita tetap berkoodinasi dengan semua unsur baik ASN maupun elemen diluar pemerintahan,” kata Heronimus Tanam, usai dilantik.

Pada kesempatan tersebut diia meminta bantuan dan dukungan dari semua pihak agar tugas dan tanggungjawabnya dapat terlaksana dengan baik demi mendukung pembangunan dan terlaksananya Pilkada yang aman dan lancar. (*)

Berita Terkait