75 Hari Diisolasi, Seorang Wanita Asal Marau Akhirnya Sembuh dari Covid-19

Suasana Pelepasan Pasien Positif Covid-19 yang Telah Dinyatakan Sembuh Setelah Dua Kali Swab Bertutut Dinyatakan Negatif.

KETAPANG, MENITNEWS.id – Pasien pertama positif Covid-19 di Kabupaten Ketapang akhirnya dinyatakan sembuh setelah dua kali berturut-turut hasil tes swab PCR dinyatakan negatif. Pasien perempuan berusia 38 Tahun asal Kecamatan Marau sebelumnya telah diisolasi selama 75 hari atau dua bulan setengah.

“Hari ini ada kabar gembira lagi, pasien kasus 01 berasal dari Marau dinyatakan sembuh dari Covid-19 setelah hasil swab dua kali berturut negatif,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Ketapang Maryanto, Jumat siang.

Maryanto melanjutkan, sebelum dinyatakan sembuh, orang yang pertama kali terjangkit Virus Corona di Ketapang tersebut menjalani perawatan dan isolasi di RSUD dr Agoesdjam Ketapang selama 35 hari. Selanjutnya, pasien menjalani isolasi lanjutan di fasilitas khusus BSM selama 40 hari.

“Ini merupakan kasus kedua konfirmasi positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh,” jelasnya.

Dengan demikian, telah ada dua pasien positif Covid-19 di Ketapang yang dinyatakan sembuh. Pasien pertama adalah seorang laki-laki berusia 19 tahun asal Kecamatan Nanga Tayap dan yang kedua adalah pasien asal Kecamatan Marau.

“Selamat kepada masyarakat Kecamatan Nanga Tayap dan Kecamatan Marau dan semoga seluruh masyarakat dapat menerima kembali mereka tanpa ada stigma negatif,” mintanya.
Maryanto menegaskan, pasien Covid-19 ini bisa disembuhkan. Oleh karena itu, dia mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan aksi mengucilkan pasien atau keluarga pasien, karena ini bukan aib. Justru sebaliknya, pasien dan keluarga pasien harus didukung dan diberikan motivasi.

“Kepada seluruh tenaga kesehatan kami ucapkan terima kasih pada semua tenaga kesehatan yang bertugas dalam penanganan Covid-19 di Ketapang,” tuturnya.

Maryanto menambahkan, hingga 5 Juni 2020? tidak ada penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 di Ketapang. Sedangkan untuk pasien positif Covid-19 hingga saat ini masih ada 19 orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Ketapang dan masih menjalani perawatan dan isolasi ketat.

“Dari 19 orang dengan konfirmasi positif Covid-19 tersebut, 14 orang menjalani isolasi di rumah singgah di BSM dan 5 orang dirawat di RSUD dr Agoesdjam Ketapang. Mereka belum dipulangkan karena hasil swab masih positif lantaran berdasarkan protokol kesehatan Covid-19, seseorang dinyatakan sembuh apabila hasil swab PCR dua berturut-turut negatif, maka dinyatakan sembuh,” tukasnya. (tb)

Berita Terkait