Pernah Bersama Pasien Positif Covid-19 Ikut Sajadah Fajar, Perempuan 68 Tahun Ditemukan Meninggal di Rumahnya

Ilustrasi Mayat.

PONTIANAK, MENITNEWS.id – Seorang perempuan berusia 68 tahun ditemukan meninggal dunia di rumahnya di Jalan Johar, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (6/4/2020) malam.

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat Harisson mengatakan bahwa dirinya menerima informasi sekitar pukul 19.30 WIB, yang mana diketahui perempuan yang meninggal dunia merupakan pemilik rumah kost yang di Jalan Johar yang tinggal sendirian.

“Dia tinggal sendirian karena anaknya ada di Jakarta, kemungkinan sudah dua hari meninggal karena sudah tercium aroma tidak sedap,” kata Harisson kepada wartawan, Senin malam.

Harisson menerangkan, sesuai keterangan adik korban, bahwa korban mempunyai riwayat bersama-sama pasien 06 terkonfirmasi positif Covid-19 di Kalbar, yang belakangan juga meninggal dunia di rumah sakit, Sabtu (21/3/2020) sekitar pukul 07.30 WIB, mengikuti acara sajadah fajar di Kapuas Hulu beberapa waktu lalu.

“Jenazah sudah dievakuasi oleh Dinkes Kota Pontianak kemudian dibawah ke RSUD Soedarso untuk penatalaksanaan jenazah sesuai prosedur untuk kemudian langsung dimakamkan sesuai prosedur Covid-19,” jelasnya.

Harisson menjelaskan, Dinkes Kota Pontianak tidak mendapat nama-nama anggota Sajadah Fajar termasuk korban meninggal dunia sehingga tidak sempat dilakukan tracing dan rapid test lantaran ketua kelompok ini tidak mau memberikan nama-nama tersebut.

“Kalau nama-nama diberikan tentu bisa dilakukan tracing dan jika yang bersangkutan sehat maka dijadikan ODP untuk kemudian dilakukan pemantauan, jika sakit dijadikan PDP namun nyatanya ibu ini tidak masuk dalam daftar kita,” ujarnya.

Sementara itu, sejak virus corona mewabah dan menjadi pandemi hingga Rabu (6/4/2020) pukul 15.00 WIB, ada sebanyak 10 orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kalimantan Barat.

Tiga diantaranya dinyatakan sembuh. Dua lainnya meninggal dunia. Sementara ada 5 pasien yang masih diisolasi di rumah sakit dan rumah pribadi.

Kemudian masih ada ada 41 pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 yang tengah dirawat di ruang isolasi sejumlah rumah sakit dan menunggu hasil uji laboratorium swab. (an)

Berita Terkait