Pemkab Anggarkan 1,5 Miliar untuk Percantik Makam Raja Tanjungpura

Komplek Makam Tanjungpura. Foto Istimewa

KETAPANG, MENITNEWS.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang tahun ini akan merenovasi di komplek makam raja-raja Tanjungpura. Renovasi tersebut telah dianggarkan di APBD Ketapang tahun 2020 sebesar Rp 1,5 Miliar.

“Ditahun ini kita menganggarkan kurang lebih Rp 1,5 miliar untuk renovasi komplek makam Tanjungpura, termasuk di item rambat beton, rehap dan sebagainya,” ungkap Bupati Ketapang, Martin Rantan.

Martin meminta kepada Ketua Ikkramat bersama dengan masyarakat untuk dapat memperhatikan dan merawat situs bersejarah tersebut agar dapat terjaga dan semakin terawat. Iapun mengaku kedepan setelah renovasi dilakukan maka Pemkab akan mengadakan acara halal bihalal dan ziarah bersama unsur masyarakat dilokasi tersebut.

“Nanti kita akan menggelar syukuran dan ziarah akbar di makam raja-raja Kerajaan Tanjungpura, ziarah akbar nanti tidak hanya dengan keluarga Kerajaan Matan tapi juga dengan seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Ketapang,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Keluarga Besar Kerajaan Matan Tanjungpura (Ikkramat) Uti Royden Top berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada Bupati Ketapang Martin Rantan karena menaruh perhatian dan kepedulian yang lebih terhadap keberadaan makam Tanjungpura.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Ketapang Martin Rantan karena telah peduli dengan budaya, karena makam Raja-raja Tanjungpura merupakan cagar budaya yang harus dirawat,” ujar anggota DPRD Kabupaten Ketapang itu. (adv)

Berita Terkait