Program Desa Mandiri Menuju Langit Biru Jadi Upaya Penanggulangan Karhutla di Ketapang

Kapok Sahli Kodam Tanjungpura, Kolonel Czi Ari Gemuruh Winardjatmiko menyerahkan buku Desa Mandiri Menuju Langit Biru, Kamis (13/2/2020). Foto Istimewa

KETAPANG, MENITNEWS.id – Setelah sinergi Panthahelix suskses mewujudkan Desa Mandiri, Komando Distrik Militer (Kodim) 1203 Ketapang menyelenggarakan sosialisasi Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa, Kamis (13/2/2020) di Pendopo Bupati.

Acara tersebut dihadiri Kapok Sahli Kodam XII Tanjungpura Kolonel Czi Ari Gemuruh Winardjatmiko SE MBA, Wakil Bupati Ketapang Drs H Suprapto S, Forum Komunikasi Perangkat Daerah (Forkompimda) beserta para pejabat struktural Pemda Ketapang.

Kapok Sahli Kodam XII Tanjungpura, Kolonel Czi Ari Gemuruh Winardjatmiko mengatakan, pencanangan Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa merupakan suatu upaya wilayah Kalimantan Barat (Kalbar) zero asap.

Untuk itu, Kodam XII Tanjungpura sendiri telah membuat suatu program untuk melaksanakan tindakan mitigasi sejak dini. Mulai dari tahapan sosialisasi maupun pembentukan organisasi relawan di tingkat desa.

“Melalui organisasi yang berada dipedesaan tersebut, nantinya dapat bekerjasama dengan satgas penanggulangan Karhutla,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, berkaitan dengan desa mandiri, TNI bekerjasama dengan kepolisian, pemerintah daerah dan seluruh stakeholder yang terlibat. Dengan demikian, kesepakatan pada pencanangan saat ini menjadikan Kalbar bebas dari bencana kabut asab akibat Karhutla.

“Harapan kita tahun ini tidak ada lagi asap di Kalimantan Barat. Kalaupun masih ada, dipastikan minim dan juga terukur sesuai dengan kaidah-kaidah dan tidak mengganggu lingkungan,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Ketapang, Suprapto dalam kesempatan tersebut mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi program yang dicanangkan Kodam XII Tanjungpura untuk meningkatkan status desa menjadi desa mandiri. Serta berupaya mencegah Karhutla di Kalbar, termasuk Ketapang.

Menurutnya, sinergi dua program, yakni Kahutla dan Desa mandiri langit biru sangat baik. Pemda sangat mendukung dan akan bersinergi dengan TNI dan Polri.

“Adanya desa mandiri dan program langit biru akan membuat desa semakin maju dan berkembang. Sehingga masyarakat akan lebih sejahtera, kemudian juga dapat menekan angka kemiskinan,” ujar Suprapto.

Sementara itu, Dandim 1203 Ketapang, Letkol Kav Jami’an SIP menambahkan, program Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa menitik beratkan pada penanggulangan bencana di Ketapang terutama karhutla.

“Karhutla menjadi sorotan dan titik fokus utama kita semua. Untuk itu Kodim 1203 bersama Stakeholder tentu berharap musibah Karhutla kebakaran berkurang bahkan tidak ada lagi ditahun 2020 dan seterusnya,” tambahnya. (adv)

Berita Terkait