Pemkab Tanam Ratusan Pohon untuk Penghijauan

Bupati Ketapang, Martin Rantan usai Melakukan Penanaman Pohon di Ruas Jalan Gajahmada, Desa Kalinilam, Jum’at (7/2/2020). Foto Istimewa

KETAPANG, MENITNEWS.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang saat ini melakukan penanaman ratusan pohon di sejumlah titik di Kota Ketapang. Penanaman pohon sebagai gerakan penghijauan yang dilakukan Pemkab Ketapang.

Penanaman pohon dilakukan langsung oleh Bupati Ketapang, Martin Rantan beserta dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dan Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Ketapang, Jum’at (7/2/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Martin mengajak seluruh masyarakat untuk dapat turut serta dalam melakukan penghijauan dengan melakukan penanaman pohon diwilayah masing-masing.

“Saat ini lahan kosong sudah banyak hilang, hutan mulai menipis, hal tersebut tentu menimbulkan dampak negatif kehidupan kita,” katanya.

Untuk itu, gerakan penanaman pohon menjadi solusi penting, sebagai upaya memperbaiki alam, terlebih dampak positif penanaman pohon tentunya akan dirasakan manusia itu sendiri.

“Dengan banyaknya pohon, polusi udara bis berkurang, lingkungan menjadi asri dan indah, tentu ini merupakan bagian dari wujud visi misi kita yaitu pengolahan sumberdaya alam Kabupaten Ketapang dengan memperhatikan lingkungan hidup,” katanya.

Menurutnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan guna menggalakkan penanaman pohon untuk penghijauan seperti melakukan reboisasi, pembuatan taman kota dan lainnya.

“Namun hal terpenting adalah perlunya kesadaran bagi kita semua, kita tidak boleh menunggu orang lain atau pemerintah, karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama, melakukannya mulailah dari hal kecil dengan menyisakan lahan untuk ditanami pohon di lingkungan rumah dan menjaga kebersihan lingkungan,” imbaunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim-LH), Dennery mengaku, sedikitnya ada 305 batang pohon yang disediakan pihaknya dan akan ditanam.

“Mulai hari ini (Jum’at) sudah ditanam dibeberapa titik, seperti seperti di Jalan Gajah Mada, Pantai Pecal serta Jalan Mulia Baru menuju ke arah lingkar kota,” jelasnya.

Ia menjelaskan, 350 batang pohon tersebut terdiri dari berbagai jenis pohon diantaranya pohon trembesi, mahoni, tanjung hingga sengon.

“Kegiatan ini merupakan satu diantara program Bupati Ketapang dalam hal melakukan penghijauan dengan menggalakkan gerakan menanam pohon. Tadi juga Bupati dan Forkompimda hadir melakukan penanaman pohon tersebut,” tutupnya. (adv)

Berita Terkait