Negatif Corona, Kapal MT Awasan Pioneer Beserta Awak Diperbolehkan Masuk Ketapang

Foto Ilustrasi.

KETAPANG, MENITNEWS.id – Sebanyak 22 warga negara asing yang menjadi anak buah kapal (ABK) MT Awasan Pioneer dipastikan dalam kondisi sehat, setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Pontianak.

Sebelumnya, 7 dari 22 ABK tersebut dikabarkan mengalami gejala yang mirip corona.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Pontianak, Rahmat Subakti mengakatan, kini MT Awasan Pioneer sudah diperbolehkan melakukan aktivitas pelayaran.

“Dari hasil pemantauan dan pemeriksaan kesehatan langsung, seluruh ABK Kapal dalam keadaan sehat,” kata Rahmat, Jumat (7/2/2020).

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas III Kendawangan, Ridha R mengaku pihaknya juga telah menerima surat hasil pemeriksaan kesehatan terhadap ABK Kapal MT Awasan Pioneer dari otoritas kesehatan pelabuhan di Pontianak.

“Kamis sekitar pukul 10.00 WIB suratnya kita terima,” ujar Ridha.

Surat tersebut menjelaskan hasil pemeriksaan kesehatan para ABK yang mana hasilnya kapal tersebut bebas dari indikasi dan penyakit corona dan diperbolehkan melanjutkan aktivitas kembali.

“Yang bisa menentukan sehat tidaknya mereka, dan hasilnya sudah ada, kemungkinan kapal akan masuk di perairan Kendawangan hari ini (Jumat) sekitar pukul 18.00 WIB,” terangnya.

Kendati sudah dilakukan pemeriksaan di otoritas kesehatan di Pontianak, nantinya kapal tersebut akan kembali dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh KKP setempat bersama Imigrasi, Bea Cukai dan pihaknya.

“Karena SOP seperti itu, tiap kapal masuk harus diperiksa kembali. Yang pasti kita mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan meminta seluruh ABK kapal manapun untuk selalu berhati-hati dan menjaga kesehatan diri,” tutupnya. (eo)

Berita Terkait