Relawan Indonesia Kabupaten Ketapang Periksa Kesehatan Warga dengan Upah Botol Bekas

Suasana Pemeriksaan Kesehatan yang Dilakukan Relawan Indonesia Kabupaten Ketapang, Minggu (2/2/2020).

KETAPANG, MENITNEWS.id – Relawan Indonesia Kabupaten Ketapang menggelar kegiatan Gerakan Rumah Sehat dengan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap warga.

Namun untuk pemeriksaan kesehatan itu, warga harus membawa botol plastik bekas untuk ditukarkan kepada relawan.

Ketua Relawan Indonesia Kabupaten Ketapang, Heri Junaidi mengatakan, pihaknya merekrut para relawan yang memiliki jiwa sosial untuk saling berbagai guna menggelar kegiatan Gerakan Rumah Sehat.

“Kegiatan pemeriksaan kesehatan Minggu (2/2/2020). Perdana kita laksanakan, sedikitnya ada 10 relawan lintas profesi diantaranya kalangan bidan, perawat, dokter, ahli gizi hingga tenaga teknis kefarmasian

yang bergabung dalam pemeriksaan kesehatan warga tersebut,” kata Heri, Senin (3/2/2020).

Kegiatan ini mendapat sambutan positif, lantaran warga tidak harus membayar dengan uang, melainkan hanya menukarkan botol plastik bekas ketika akan dilakukan pemeriksaan kesehatan.

“Dengan membawa botol plastik bekas, warga bisa mendapatkan pelayanan seperti pemeriksaan gula darah, tekanan darah, serta asam urat,” terangnya.

Ia mengungkapkan, kegiatan ini selain bertujuan memberikan pemeriksaan kesehatan tetapi juga mengajak masyarakat menjalani pola hidup sehat, termasuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Penukaran sampah botol plastik agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan dan mau membersihkan sampah dilingkungan untuk dibawa saat mengikuti jadwal gerakan rumah sehat yang kita laksanakan,” tutupnya. (eo)

Berita Terkait