Mirip Gejala Corona, Seorang Pasien Dirawat di Rumah Sakit Soedarso Pontianak

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat Harrison saat menggelar jumpa pers di kantornya, Senin (3/2/2020).

KETAPANG, MENITNEWS.id – Seorang pasien perempuan yang terindikasi menderita Pneumonia ringan saat ini sedang dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soedarso, Pontianak, hal ini lantaran penyakit Pneumonia dengan gejala batuk dan filek dikabarkan mirip dengan penderita Corona.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson membenarkan adanya pasien yang sedang dirawat di ruang isolasi RSUD Soedarso Pontianak.

“Kita khawatir saja, terlebih pasien ini sebelumnya dari luar negeri (Kuala Lumpur, Malaysia), serta menderita batuk filen dan pneumonia ringan,” ungkapnya, Senin (3/2/2020).

Ia menjelaskan, sebelum masuk rumah sakit pada Minggu (2/2/2020), pasien ini diketahui sebelumnya berada di Kuala Lumpur sejak 23 Januari dan baru kembali ke Pontianak pada 31 Januari menggunakan bus melalui entikong.

“Sebelum dirujuk ke Soedarso, pasien ini terlebih dahulu dirawat di Rumah Sakit Mitra Medika,” terangnya.

Ia menambahkan, meskipun kondisi kesehatan pasien sudah stabik, namun pihak rumah sakit tetap mengirim sampel ke Jakarta guna memastikan apakah pasien negatif atau positif terinfeksi virus corona.

“Saat ini bukan berarti pasien positif corona, kita hanya ingin memastikan, sedangkan untuk proses penanganan memang standar begini lantaran gejalanya mirip makanya isolasi dilakukan,” tuturnya.

Mengutip The Guardian, sebuah outlet berita China, Tencent, melaporkan perkembangan data terbaru, yang mana jumlah korban meninggal dunia sudah kembali mengalami peningkatan sebanyak 56 kasus, setelah di hari sebelumnya, Minggu (2/2/2020), tercatat korban meninggal sebanyak 305 orang, termasuk orang pertama meninggal yang berasal dari luar China. Jumlah inipun melampaui kematian akibat virus Sars saat endemi di China. (fi)

Berita Terkait