Resmi Beroperasi, Ini Tarif dan Fasilitas Bus Damri

Plh Sekda Ketapang bersama Forkompimda, Perwakilan Dishub Provinsi dan GM Perum Damri Pontianak saat bersama-sama melaunching pengoperasian Bus Damri di pendopo bupati ketapang, Selasa (28/1) siang.

KETAPANG, MENITNEWS.ID – Bupati Ketapang, Martin Rantan, SH, M.Sos melalui Plh Sekda Kabupaten Ketapang, Heronimus Tanam resmi melaunching pengoperasian Bus Damri dengan trayek Pontianak-Ketapang dan Ketapang-Pontianak. Keberedaan Bus Damri diharapkan dapat menjadi alternatif transportasi bagi masyarakat Ketapang.

Plh Sekda Ketapang, Heronimus Tanam mengaku Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang menyambut positif kehadiran Perum Damri yang telah menambah rute Bus Damri hingga ke Kabupaten Ketapang.

“Keberadaan Bus Damri ini tentu menambah alternatif transportasi yang bisa digunakan masyarakat yang hendak bepergian khususnya ke rute yang telah ada,” katanya, Selasa (28/1).

Lanjutnya, kedepan diharapkan rute Bus Damri dapat terus dikembangkan hingga ke Kecamatan-Kecamatan sehingga semakin mempermudah masyarakat dalam bepergian. Untuk itu ia berharap agar masyarakat dapat menggunakan Bus Damri sebagai jasa transportasi seperti hal jasa transportasi lainnya.

“Dengan berkembangnya Bus Damri di Ketapang tentu kedepan dapat membuat penambahan rute-rute perjalanan di wilayah Ketapang,” harapnya.

Sementara itu, General Manager (GM) Perum Damri Cabang Pontianak, Yulianto mengaku masuknya Bus Damri ke Ketapang merupakan bagian dari peningkatan pelyanan umum pihaknya untuk masyarakat dan Ketapang diakuinya menjadi satu diantara wilayah yang memang menjadi prioritas pihaknya.

“Wacana kedepan memang akan ada penambahan rute seperti Ketapang-Sukadana, Kota Ketapang-Kecamatan Kendawangan, Kota Ketapang-Manis Mata, dan jika ada penambahan rute lain maka Dishub Ketapang silahkan berkoordinasi dengan pihak lain agar dapat ditindaklanjuti,” katanya.

Ia menambahkan, saat ini Bus Damri yang beroperasi memiliki kapasitas 39 penumpang dengan beberapa fasilitas diantaranya Wifi, Full AC, usb charger, audio video untuk karaoeke, snack dan beberapa fasilitas lainnya yang diharapkan dapat menambah kenyamanan penumpang selama perjalanan.

“Ke depan jika kondisi jalan semakin baik, maka Bus akan kita ganti dengan kapasitas yang lebih banyak yakni Bus Damri Super Eksekutif. Untuk harga tiket saat ini rute dari Pontianak ke Kota Ketapang sebesar Rp 275 ribu, Pontianak ke Kecamatan Sungai Melayu 250 ribu, Pontianak ke Kecamatan Tayap 200 ribu serta dari Ketapang ke Pontianak seharga Rp 275 ribu, Kota Ketapang ke Kecamatan Sungai Melayu seharga Rp 75 ribu dan Ketapang ke Kecamatan Tayap seharga Rp 100 ribu,” tutupnya. (adv)

Berita Terkait